Heboh WNI Wajib Bawa Cash Rp 6,5 Juta, Imigrasi Thailand: Bukan Itu Poin Utamanya



Jakarta

Wajib membawa uang cash ke Thailand minimal Rp 6,5 juta menjadi isu hangat bagi turis Indonesia. Imigrasi Thailand tegaskan jika poin itu bukanlah yang prioritas.

Beberapa waktu lalu, KBRI Bangkok menghimbau WNI agar menyiapkan beberapa poin sebelum datang ke Thailand. Salah satunya, uang tunai. Itu sebagai usaha preventif menghadapi random check oleh imigrasi Thailand yang berujung disuruh balik ke Indonesia.

Netizen merespons di media sosial keberatan dengan kebijakan itu. Nominal uang tunai Rp 6,5 juta dinilai terlalu besar. Mereka menyebut pembayaran di Thailand sudah bisa dilakukan secara cashless. Adapula, yang khawatir dengan risiko kecopetan. Bahkan ada beberapa orang yang mengaku dilarang masuk karena tidak membawa uang cash sesuai dengan nominal yang ditentukan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari The Nation, Sabtu (2/3/2024) Mayjen Pol Choengron Rimphadee, komandan Divisi Polisi Imigrasi 2 Thailand, meluruskan kembali kebijakan yang bikin turis asing heboh itu. Mereka mengatakan bahwa tidak memprioritaskan pemeriksaan uang tunai turis asing yang datang.

Sebaliknya, Imigrasi Thailand fokus memeriksa rencana perjalanan mereka dan melihat apakah pendatang telah membuat reservasi hotel. Pemeriksaan ini diperlukan untuk mencegah pekerja asing mencari pekerjaan secara ilegal di Thailand.

Dia menambahkan, polisi imigrasi menolak masuk terutama karena orang asing tersebut tidak menunjukkan rencana perjalanan dan bukti reservasi hotel mereka. Bahkan banyak yang menunjukkan bukti palsu.

Imbauan KBRI Bangkok

Dalam postingan Instagramnya, KBRI Bangkok mengumumkan syarat terbaru masuk ke Thailand untuk WNI. Salah satunya adalah menunjukkan bukti kemampuan finansial.

“Berdasarkan ketentuan Imigrasi Thailand, WNA yang melakukan kunjungan singkat dengan bebas visa ke Thailand perlu menunjukkan bukti kemampuan finansial untuk menunjang hidup selama berada di Thailand,” tulis akun @Indonesiainbangkok.

Sejatinya, Thailand adalah salah satu negara yang bebas visa untuk paspor Indonesia. Jadi, WNI bisa masuk dengan bebas ke negara Gajah Putih tersebut.

Namun, sekarang bebas visa itu ditambah dengan syarat masuk Thailand lainnya, yaitu:

1. Memiliki masa berlaku paspor paling sedikit 6 bulan
2. Memiliki bukti tiket pulang
3. Memiliki bukti pemesanan akomodasi/hotel selama berada di Thailand
4. Memiliki bukti finansial untuk dapat menunjang biaya hidup selama berada di Thailand antara lain dengan membawa uang tunai yang cukup

Syarat itu secara umum sama seperti syarat keimigrasian negara lainnya, termasuk Indonesia. Namun, syarat untuk menunjukkan bukti kemampuan finansial menjadi perdebatan warga +62.

KBRI Bangkok menyebut warga negara Indonesia (WNI) yang ingin ke Thailand diimbau membawa uang senilai 15-20 ribu baht per orang atau sekitar Rp 6,5 juta sampai Rp 8,6 juta.

Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Bangkok, Dewi Lestari, menduga imigrasi Thailand menetapkan aturan itu untuk mencegah kasus perdagangan orang atau human trafficking yang marak di Indonesia.

“Ada WNI yang menjadi korban trafficking yang dipekerjakan dalam bidang scamming online yang transit melalui Thailand kemudian dibawa ke negara lain untuk dipekerjakan menjadi scammer. Hal-hal seperti ini juga ditujukan untuk mencegah kondisi seperti itu, di samping untuk mencegah kasus WNI yang terlantar di Thailand dengan tujuan kedatangan sebagai turis,” kata Dewi dalam wawancara bersama RRI Pro 3 yang diunggah di Instagram KBRI Bangkok pada Jumat (23/2) dan dikutip Sabtu (2/3).

Dewi berujar aturan itu tercantum dalam undang-undang keimigrasian Thailand B.E. 2522 yang rilis pada 1979. Bab 2 (Chapter 2) dalam beleid mengatur tentang aturan masuk dan keluar dari Thailand. Khusus pada bagian 12 (Section 12), mengatur tentang orang asing yang masuk dalam kriteria tertentu tidak diizinkan masuk ke Thailand.

“Di mana salah satunya disebutkan apabila tidak memiliki uang. Itu yang membuat imigrasi melakukan random check bahwa orang ini memang punya kemampuan finansial untuk membiayai selama dia tinggal di Thailand,” ujar dia.

Simak Video “Turis ke Thailand Harus Bawa Uang Rp 6,5 Juta, RI Tak Mau Ikut-ikutan
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)